Kamis, 19 Mei 2016

Kisah Sukses Pengusaha Muda


     Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Dilihat dari pertumbuhan ekonomi kita saat ini, jumlah pengangguran di Indonesia menduduki angka yang sangat fantastis. Namun, pemerintah belum bisa mengatasi problema tersebut. saya telah melihat suatu cuplikan dari acara yang bernama kick andy membahas tentang para pemuda yang sudah menjadi pengusaha sukses. Dari acara tersebut membuat saya semangat dan termotivasi untuk menjadi seorang enterpreneur tanpa harus melulu bepikir untuk menjadi seorang pegawai. 

      Di era globalisasi ini persaingan antara setiap individu yang satu dengan lainnya semakin sulit, sehingga seharusnya membuat pola pikir setiap orang semakin maju. Namun, hal ini begitu berbanding terbalik dengan kenyataannya, pada saat ini kebanyakan orang Indonesia memilih untuk menjadi seorang pekerja dari pada menjadi pemekerja, karena mereka yang terlalu takut untuk memulai dan menanggung resiko yang akan mereka tanggung. Berikut saya akan membahas tentang beberapa orang pemuda yang sudah sukses dalam berwirausaha.


1. Seorang Pemuda Sukses yang Berwirausaha di Bidang Kopi Luwak





                        Theresia Deka Putri biasa dikenal dengan sebutan Putri adalah seorang pengusaha muda   berusia 25 tahun, namun diumurnya yang masih muda tersebut, ia memiliki      pabrikan kopi luwak miliknya sendiri yang bernama PT.Karya Semesta, yang sudah        dibangunya beberapa tahun lalu, perusahaan miliknya ini memproduksi kopi luwak      hasil dari kebun sendiri.

                        Awalnya Putri berbisnis dengan kesenangannya sendiri dan untuk menambah uang saku sendiri. Sejak SMP   putri sudah memulai untuk belajar menjadi pengusaha, dulu dia pernah menjual sepatu, produk fashion dll, dan itu semua bermodalkan dari tabunganya sejak ia TK. Pada saat Putri SMA pun, ia pernah  menjual kue dan gorengan di sekolahnya, Setelah itu ia pernah bekerja di suatu perusahaan swasta, dan  Putri menjadi marketing dari produk itu, dan setelah beberapa lama menjalani pekerjaanya, putri melihat  peluang dari banyaknya warung kopi di pinggir jalan dan akhirnya ia mencoba untuk menjual kopi  bubuk atau kopi olahan.


                           Putri lalu membuka usaha kopi berkat pengalaman keluar masuk pasar dan warung yang rutin ia jalani ditambah dengan kejelian melihat kondisi pasar, Putri berhasil melihat suatu peluang usaha yang prospektif, yaitu bisnis kopi. Melihat peluang bisnis kopi cukup besar karena disepanjang jalan dengan mudah kita bisa menemukan warung kopi di Indonesia dan termasuk banyaknya para penikmat kopi. Lalu Putri mencoba membuat kopi sendiri dari meminjam biji kopi dari seorang petani yang akan dibayar di akhir jika kopinya laku, kemudian Putri mengedarkan ke warung-warung kopi yang berada di pinggir jalan, dan hampir setiap warung kopi ia hampiri.

                        Setelah usahanya mulai berkembang, maka Putri mulai membuka perusahaan  kopinya dengan skala kecil, hingga sekarang ia memiliki perusahaan produksi kopi berskala besar, namun saat masa kejayaanya putri pernah tertipu sampai hampir 500 Jt dan akhirnya dia bangkrut, bahkan dia berkata bahwa dia hanya memiliki 500 rupiah 2 keping di tanganya, namun pada saat down itulah ia bertemu dengan klien yang ingin mengorder dengan jumlah banyak, dan bahkan ia bertemu dengan BUMN, yang akhirnya BUMN membiayai lagi perusahaan putri agar dapat berkembang lagi. Dan sekarang ia memiliki perusahaan kopi yang sangat besar, karena bahkan ia memiliki kebun sendiri yang berukuran kurang lebih hingga 4 hektar, dari hasil kebunya itu ia memproduksi kopi luwak yang sangat nikmat, nama nama produk kopi hasil kebunya antara lain adalah, Luwak Lanang, Lanang Landek Dan juga Gajah Hitam, produk produk itu adalah produk asli milik Putri, bahkan Luwak Lanang sangat laku di luar negeri, selain luwak lanang, ia pun telah mengirimkan produknya ke berbagai Negara yaitu, Taiwan, Polandia, China, Jepang, Thailand, Dan juga Malaysia. Kini Putri sudah dapat dibilang mapan, karena selain perusahaanya itu ia juga sering mendapatkan penghargaan bertaraf  Nasional. Keberhasilan Putri berbisnis kopi Luwak Lanang sangat pantas untuk dijadikan kisah sukses untuk para pemuda yang ingin memulai usaha dari usia muda.

2. Seorang Pemuda Sukses yang Berwirausaha di Bidang Ikan Hias

                     Nicholas Kurniawan biasa dikenal dengan sebutan Nico adalah seorang pengusaha muda berusia 21 tahun. Nicholas adalah seorang pengusaha muda dalam   bidang ekportir ikan hias. Awal mula Nicho ingin berbisnis karena keadaan ekonomi orang tua nya yang kurang berkecukupan. Kedua orang tuanya terpaksa mencari hutangan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Penghasilan yang dihasilkan oleh kedua orang tua Nicholas digunakan untuk memberikan pendidikan yang terbaik untuk    anaknya. Melihat keadaan orang tuanya, Nicholas kecil bertekad untuk menjadi orang sukses.

                 Asal mulanya Nico memulai bisnis ikan berawal dari hadiah seorang teman yang berisikan sepaket ikan Garra Rufa yang biasa digunakan untuk terapi kesehatan. Karena ia merasa tidak membutuhkan ikan maka Nico menjualnya disuatu forum yang bernama KASKUS. Semenjak ada tawaran tentang jenis ikan lainnya Nico langsung memutar otaknya bagaimana cara untuk berbisnis jual beli ikan Online. Lalu mulailah ia membangun usahanya itu yang berhubungan tentang ikan hias.

                Setelah berjalannya waktu Bisnis Nico sudah menjadi bisnis yang sukses, lalu ada customer yang ingin memesan ikan hiasnya Nico dengan pesanan yang cukup besar, saat itu Nico tertipu tentang older palsu tersebut dan mengalami kerugian 30 juta rupiah. Setelah kejadian yang menimpah Nico tidak putus asa , ia mulai membangun lagi usahanya perlahan dan akhirnya sudah sukses sampai sekarang, dengan sistem penjualan online. Nico juga memiliki mitra dimana mana sampai diluar negri pun ada dan ingin memesan ikan hias milik Nico. Negara yang sering memesan kebanyakan negara Australi dan China, ada beberapa negara di eropa dan kawasan Asia tenggara.

3. Seorang Pemuda Sukses yang Berwirausaha di Bidang Pendidikan


                    Hamzah Izzulhaq berumur 19 tahun yaitu Hamzah Izzulhaq, ia adalah pengusaha muda yang memiliki perusahaan yang bernama Hamzah Indonesia, dia bergelut dibidang pendidikan dan furniture sofabed, sebelum memiliki usaha ini, Hamzah sudah berulang kali gagal dan gagal lagi dalam berusaha, bahkan ia mengaku mulai serabutan sejak ia masih SD, saat SMP juga ia sudah mulai berbisnis, jual beli buku, Kue, Makanan, bahkan mainan mainan untuk temannya. Lalu saat ia SMA, ia pernah mengikuti seminar bisnis, lalu ia juga pernah ingin membuka usaha pin, dan ia membeli mesinya dengan hasil kerja kerasnya, namun saat ia memakai mesin itu ia sedikit ceroboh dan merusakan mesin itu hingga tidak bisa dipakai lagi. Saat seminar bisnis, ia pernah ditawari untuk membuka bimbel dengan sistem beli nama bimbel tersebut, seharga 175 jt, tetapi pada saat itu ia hanya memiliki uang sekitar 5 jt ditabunganya, dan akhirnya ia meminjam uang orang tuanya yang sebenarnya inginn dibelikan sebuah mobil untuk membayar bimbel tersebut, dan uang yang terkumpul adalah 75 jt, saat itu ia meyakinkan bimbel supaya dapat membayar sisanya saat bimbel sudah berjalan, dan benar saja, tahun 2012, bimbel milik hamzah sudah lunas, membayar hutangnya. Namun saat ini semua itu membuahkan hasil, ia memiliki usaha yang sudah dibilang cukup besar, sekarang ini ia memiliki sedikitnya 2 tempat bimbel sendiri, dan juga ia memiliki usaha sofabed yang diproduksi oleh 58 karyawannya. Sekian penjelasan saya tentang bagaimana seorang pemuda bisa menjadi pengusaha besar dari progam acara Tv Kick Andy, Sekian Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar